Popular Posts

Blogger templates

Blogger news

Blogroll

Frila Rezkyani Ekha Reski Oktaviani Iswan Achlan Setiawan Nurika

About

Saturday, March 1, 2014
 TES
          1. Mengukur pengetahuan (kognitif) selain itu mencakup aspek afektif dan psikomotori
     2. Kualitatif
     3. Kemungkinan jawaban adalah benar atau salah

Non tes
1.       Menilai sikap dan kepribadian (afektif)
2.       Kuantitatif
3.       Jawabannya kurang pasti, missal : setuju , sangat setuju , ragu ragu, tidak setuju, sangat tidak setuju (kemungkinan jawaban bergantung pada testee)

Contoh Tes dan Non tes
·         Klasifikasi tes
1.       Berdasarkan fungsinya
a.       Tes seleksi
b.       Tes awal
-          Untuk mengetahui kemampuan awal siswa/ testee sejauh mana materi prasyarat dan materi prasyarat dan materi yang akan diajarkan dikuasai.
-          Untuk menguji kehomogenan dua atau lebih kelas/ grup
c.       Tes akhir
Tes yang dilaksanakan di akhir pembelajaran untuk mengetahui tingkat penguasaan siswa terhadap materi yang telah diajarkan.
d.       Tes diagnostic
Tes yang dilaksankan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa.
e.       Tes Formatif
Tes yang dilaksanakan pada akhir suatu program pembelajaran dalam kurun waktu tertentu (ulangan harian )
f.        Tes Sumatif
Tes yang dilaksanakan setelah seluruh program pembelajaran selesai, misal : UAS, UAN .

2.       Berdasarakan respon yang diharapkan
a.       Tes Verbal
b.       Tes Non verbal
3.       Berdasarkan bentuk pertanyaan yang diberikan
a.       Tes objektif
-          Tes pilihan ganda
-          Tes menjodohkan
-          Tes benar salah
-          Tes jawaban singkat
b.       Tes subjektif , misal : tes uraian
  • ·         Non-tes

1.       Wawancara
Teknik evaluasi yang menekankan adanya pertemuan secara lansung antara evaluator dengan dievaluasi .
2.       Skala bertingkat
Yaitu alat non tes yang memberikan nilai angka untuk semacam pertimbangan (judgement) suatu objek yang dievaluasi atas dasar persepsi atau pilihan evaluand.
3.       Kuesioner/Angket
Dilihat dari segi cara menjawab maka kuesioner terbagi menjadi kuesioner tertutup dan kuesioner terbuka .
-          Kuesioner tertutup adalah daftar pertanyaan yang memiliki dua atau lebih jawaban dan si penjawab hanya memberikan tanda silang ( x) atau cek ( ) pada jawaban yang ia anggap sesuai.
-          Kuesioner terbuka adalah daftar pertanyaan dimana sipenjawab diperkenankan memberikan jawaban dan pendapatnya secara terperinci sesuai dengan apa yang ia ketahui.
4.       Daftar cocok
Daftar cocok adalah sebuah daftar yang berisikan pernyataan beserta dengan kolom pilihan jawaban. Si penjawab diminta untuk memberikan tanda silang (x) atau cek ( ) pada jawaban yang ia anggap sesuai.
5.       Pengamatan / observasi
Observasi adalah suatu teknik yang dilakukan dengan mengamati dan mencatat secara sistematik apa yang tampak dan terlihat sebenarmya.
6.       Dokumentasi
Metupakan teknik evaluasi yang menekankan  pada aspek data tertulis atau dokumen yang berkaitan erat dengan informasi tentang siswa. Data dokumentasi ini termasuk riwayat hidup peserta didik.
7.       Portofolio
Laporan lengkap tentang kegiatan yang dilakukan siswa dalam kurun waktu tertentu.
8.       Proyek
Penilaian yang mencakup perencanaan, penyelidikan analisis proyek / kegiatan.
9.       Focus diskusi kelompok
Pengambilan data melalui hasil diskusi kelompok yang terdiri dari 5 sampai 8 orang yang umumnya dipandu / dipimpin oleh pengumpul data .

7 comments:

PUSTAKA ILMU said...

izn cops

Suriya said...

izin copi.

Yhannu Hanya Berbagi......... said...

thanks gun.. keren (Y)
sangat membantu tugas ane... (Y)

catatan tanpa arti said...

sumbernya mana plis

Imam Khumaidi said...

thanks

Unknown said...

Terima kasih. Izin copas ya!

Unknown said...

Terimakasih atas pencerahannya