Blog Kelompok Evaluasi
Blog Archive
Popular Posts
-
TES 1. Mengukur pengetahuan (kognitif) selain itu mencakup aspek afektif dan psikomotori 2. Kualitatif 3. Kemu...
-
A. PENILAIAN ACUAN NORMATIF (PAN) PAN ialah penilaian yang membandingkan hasil belajar siswa terhadap hasil dalam kelompoknya. ...
-
Analisis Validitas Butir Soal Trigonometri
-
TES Tes adalah instrumen atau alat yang digunakan untuk memperoleh informasi tentang individu atau objek (Ismaryati, 2006) Tes adalah...
-
A. VALIDITAS 1. Pengertian Validitas Menurut Azwar (1986) Validitas berasal dari kata validity yang mempunyai arti s...
-
Angket Konsep Diri Mahasiswa
Blogger templates
Blogger news
Blogroll
Frila Rezkyani
Ekha Reski Oktaviani
Iswan Achlan Setiawan
Nurika
About
Saturday, March 1, 2014
TES
1. Mengukur
pengetahuan (kognitif) selain itu mencakup aspek afektif dan psikomotori
2. Kualitatif
3. Kemungkinan
jawaban adalah benar atau salah
Non
tes
1.
Menilai
sikap dan kepribadian (afektif)
2.
Kuantitatif
3.
Jawabannya
kurang pasti, missal : setuju , sangat setuju , ragu ragu, tidak setuju, sangat
tidak setuju (kemungkinan jawaban bergantung pada testee)
Contoh
Tes dan Non tes
·
Klasifikasi
tes
1.
Berdasarkan
fungsinya
a.
Tes
seleksi
b.
Tes
awal
-
Untuk
mengetahui kemampuan awal siswa/ testee sejauh mana materi prasyarat dan materi
prasyarat dan materi yang akan diajarkan dikuasai.
-
Untuk
menguji kehomogenan dua atau lebih kelas/ grup
c.
Tes
akhir
Tes
yang dilaksanakan di akhir pembelajaran untuk mengetahui tingkat penguasaan
siswa terhadap materi yang telah diajarkan.
d.
Tes
diagnostic
Tes
yang dilaksankan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa.
e.
Tes
Formatif
Tes
yang dilaksanakan pada akhir suatu program pembelajaran dalam kurun waktu
tertentu (ulangan harian )
f.
Tes
Sumatif
Tes
yang dilaksanakan setelah seluruh program pembelajaran selesai, misal : UAS,
UAN .
2.
Berdasarakan
respon yang diharapkan
a.
Tes
Verbal
b.
Tes
Non verbal
3.
Berdasarkan
bentuk pertanyaan yang diberikan
a.
Tes
objektif
-
Tes
pilihan ganda
-
Tes
menjodohkan
-
Tes
benar salah
-
Tes
jawaban singkat
b.
Tes
subjektif , misal : tes uraian
- · Non-tes
1.
Wawancara
Teknik
evaluasi yang menekankan adanya pertemuan secara lansung antara evaluator
dengan dievaluasi .
2.
Skala
bertingkat
Yaitu
alat non tes yang memberikan nilai angka untuk semacam pertimbangan (judgement)
suatu objek yang dievaluasi atas dasar persepsi atau pilihan evaluand.
3.
Kuesioner/Angket
Dilihat
dari segi cara menjawab maka kuesioner terbagi menjadi kuesioner tertutup dan
kuesioner terbuka .
-
Kuesioner
tertutup adalah daftar pertanyaan yang memiliki dua atau lebih jawaban dan si
penjawab hanya memberikan tanda silang ( x) atau cek (
)
pada jawaban yang ia anggap sesuai.
-
Kuesioner
terbuka adalah daftar pertanyaan dimana sipenjawab diperkenankan memberikan
jawaban dan pendapatnya secara terperinci sesuai dengan apa yang ia ketahui.
4.
Daftar
cocok
Daftar
cocok adalah sebuah daftar yang berisikan pernyataan beserta dengan kolom
pilihan jawaban. Si penjawab diminta untuk memberikan tanda silang (x) atau cek
(
)
pada jawaban yang ia anggap sesuai.
5.
Pengamatan
/ observasi
Observasi
adalah suatu teknik yang dilakukan dengan mengamati dan mencatat secara
sistematik apa yang tampak dan terlihat sebenarmya.
6.
Dokumentasi
Metupakan
teknik evaluasi yang menekankan pada
aspek data tertulis atau dokumen yang berkaitan erat dengan informasi tentang
siswa. Data dokumentasi ini termasuk riwayat hidup peserta didik.
7.
Portofolio
Laporan
lengkap tentang kegiatan yang dilakukan siswa dalam kurun waktu tertentu.
8.
Proyek
Penilaian
yang mencakup perencanaan, penyelidikan analisis proyek / kegiatan.
9.
Focus
diskusi kelompok
Pengambilan
data melalui hasil diskusi kelompok yang terdiri dari 5 sampai 8 orang yang
umumnya dipandu / dipimpin oleh pengumpul data .
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
7 comments:
izn cops
izin copi.
thanks gun.. keren (Y)
sangat membantu tugas ane... (Y)
sumbernya mana plis
thanks
Terima kasih. Izin copas ya!
Terimakasih atas pencerahannya
Post a Comment